Manfaat Kunyit Untuk kesehatan tubuh Serta cara pembudidayaan Kunyit dan cara pengolahannya

Manfaat Kunyit Untuk kesehatan tubuh Serta cara pembudidayaan Kunyit

Siapa yang tidak kenal dengan tumbuhan satu ini yaitu kunyit yang sering digunakan ibu - ibu rumah tangga dalam memasak kunyit juga mempunyai manfaat buat kesehatan tubuh serta buat kencantikan loh pasti kalian bingung apa sih Manfaat Kunyit Untuk kesehatan tubuh Serta cara pembudidayaan Kunyit dan cara pengolahannya  kita akan bahas secara mendetil apa saja Manfaat Kunyit Untuk kesehatan tubuh Serta cara pembudidayaan Kunyit dan cara pengolahannya.


Apa itu Kunyit

sebelum kita lanjut kepembahasan "Manfaat Kunyit Untuk kesehatan tubuh Serta cara pembudidayaan Kunyit dan cara pengolahannya " alangka baiknya kita mengenal dulu apa itu  kunyit ?,  kunyit atau juga disebut kunir, (Curcuma longa Linn. syn. Curcuma domestica Val.), adalah termasuk salah satu tanaman rempah-rempah dan obat asli dari wilayah Asia Tenggara. Tanaman ini kemudian mengalami penyebaran ke daerah Malaysia, Indonesia, Australia bahkan Afrika.

Gunanya kunyit buat apa ?


nah selain buat untuk rempah - rempah kunyit kunyit juga memiliki fungsi dan manfaat lain kunyit juga bisa digunakan :


  • pemberi warna kuning untuk pewarna masakan karena warna kuning nya
  • kunyit juga bisa digunakan untuk pengawet 
  • produk farmasi yang menggunkan bahan baku kunyit
  • dan mampu bersaing menjadi obat paten seperti obat peradangan sendi (arthritis-rheumatoid) atau osteo-arthritis berbahan aktif natrium deklofenak, piroksikam, dan fenil butason dengan harga yang relatif mahal atau suplemen makanan (Vitamin-plus) dalam bentuk kapsul.
  • kunyit juga bisa dijadikan untuk kecantikan yang nanti kita bahas secara mendetil 
  • produk bahan jadi kunyit berupa suplemen yang mengandung vitamin B1, B2, B6, B12, Vitamin E, Lesitin, Amprotab, Mg-stearat, Nepagin dan Kolidon 90.
  • dll
begitu banyak manfaatnya tumbuhan satu ini yang tidak diragukan khasiat yang memberi manfaat buat tubuh kita dan untuk kesehatan kita jika sudah paham guna kunyit itu apa kita akan bahas secara sub dan sub dari guna diatas 


manfaat minum kunyit untuk kecantikan

nah yang pertama kita bahas adalah manfaat minum kunyit untuk kecantikan kunyit yang mempunyai 1000 kebaikan kita akan bahas secara sedetilnya biar kalian tahu dan paham apa saja sih manfaat minum kunyit untuk kecantikan nah pada bahasan manfaat minum kunyit untuk kecantikan nanti akan terbagi seperti manfaat minum kunyit untuk kecantikan kulit tubuh , manfaat minum kunyit untuk kecantikan untuk wajah , manfaat minum kunyit untuk kecantikan bibir dan banyak lagi tapi kalau kesempatin kita akan bahas yang saya sebutkan.

manfaat kunyit untuk kulit tubuh

Kenapa kunyit sangat baik bagi kulit karena mengandung antioksidan serta nutrisi yang baik buat wanita menjadi sehat dan cantik alah seperti ratu.

apa saja sih manfaat kunyit bagi kulit selain dibahas diatas inilah rangkuman nya :


  • Mencerahkan kulit
wanita mana sih yang tidak ingin kulitnya cerah dan berserih banyak wanita sekarang yang rela menghabiskan uang mereka hanya untuk mencerahkan kulit padahal alternatif yang menghemat justru ada dengan menggunakan bahan alami yaitu kunyit.
cara pembuatannya juga mudah sekali tidak perlu merogo kocek dalam yaitu wanita cukup mencampurkan bubuk kunyit , jika tidak mempunyai bubuk kunyit kalian cukup mengupas kunyit dan di tumbuk kemudian ditambah beberapa tetes minyak zaitun dan biarkan selama 20 menit tunggu benar - benar kering , nah pada tahap terakhir basuhlah kunyit tsb dengan air dingin , untuk mendapatkan hasil maksimal lakukan ini tiap hari maka anda mendapatkan hasil maksimal kulit cerah dan merona

  • Mengatasi penuaan dini
wah kalau ini penuaan dini sangat di takuti wanita contoh nya saja kulit berkerut semua wanita ingin terlihat cantik walau sudah usia tidak mudah lagi

  • Mengatasi komedo dan jerawat membandel
apa kalian tahu bahwa wajah tidak hanya tumbuh di wajah saja juga bisa tumbuh di punggung loh cara mengatasinya juga cukup mudah yaitu dengan bahan utama bubuk kunyit ditambahkan jeruk nipis atau lemon bisa juga ini dinamakan dengan lulur kunyit khasiat nya adalah guna mengatasi komedo dan jerawat
  • Menghilangkan bulu-bulu kasar
siapa yang tidak ingin kulit mulus tanpa bulu - bulu kasar mungkin itu dambaan semua orang bahkan orang-orang reka membeli alat-alat mahal guna membersihkan bulu-bulu dari tubuh kalian tapi tidak perlu khawatir ini cara nya mudah sekali kog tidak perlu uang banyak buat beli alat ini dan itu , dengan cara Mandilah dengan lulur kunyit secara rutin dan teratur, maka dijamin tak ada rambut-rambut kecil atau bulu-bulu kasar yang tidak diinginkan tumbuh di seluruh tubuh Ladies. Mudah, bukan?
  • Mengatasi tumit kering dan pecah-pecah
kebayang nggak sih  kalo kulit kalian pecah-pecah dan tumit kalian kering biasa nya terjadi dimusim kemarau terus gimana cara mengatasi nya ? cara nya dengan Kunyit sebagai bahan tradisional yang mudah ditemukan bisa digunakan untuk mengatasi menyembuhkan tumit pecah-pecah dan kering. gadis hanya menyiapkan bubuk kunyit dan santan hangat. Campurkan kedua bahan kemudian diaplikasikan ke seluruh kaki dan terutama tumit. Lakukan massage dan jangan lupa pijat juga jari-jari kaki Ladies. Dalam dua minggu, tumit akan sehalus sutra
  • Mengangkat sel-sel kulit mati
sel-sel mati dapat menyebabkan kulit kalian kusam dan tidak bersinar siapa pasti menjadi momok tersendiri khusus nya kau wanita gimana solusi nya ? tenang solusi nya ada didepan mata kog , Lulur kunyit membantu untuk menghilangkan sel-sel kulit mati yang ada di permukaan kulit.wanita tinggal menyiapkan bubuk kunyit yang sangat mudah ditemui di pasar, tepung beras, susu bubuk serta air mawar. Semua bahan tersebut dicampur dalam satu wadah kemudian dibalurkan ke seluruh kulit tubuh secara merata.

Jika diatas saya membahasa manfaat kunyit bagi kulit itu banyak sekali manfaat yang baik bagi tubuh kita seperti diatas nah saya juga akan  membahas  manfaat minum kunyit untuk kecantikan untuk wajah serta cara pengolahannya

 manfaat minum kunyit untuk kecantikan untuk wajah  

1. Mengobati jerawat

Untuk mengatasi jerawat, Anda bisa membuat masker wajah dari kunyit. Caranya campurkan satu sendok makan bubuk kunyit atau 3 sendok makan air perasan kunyit segar. Campurkan dengan sedikit yogurt dan madu. Aduk merata hingga menjadi pasta kental. Pakailah masker wajah ini selama 15 menit. Jangan terlalu lama, karena kunyit juga mengandung pewarna kuat yang sulit hilang. Setelah itu cuci wajah dengan air bersih.

2. Mengatasi kulit berminyak

Kunyit dapat mengontrol kelebihan produksi minyak dan sebum di pori-pori Anda. Anda bisa membuat masker untuk kulit berminyak dengan cara mencampurkan 2 sendok makan bubuk kunyit dengan 3 sendok makan ari jeruk lemon atau jeruk nipis matang. Pakailah masker tersebut di wajah Anda. Biarkan selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat hingga bersih.

3. Menyamarkan kerutan dan mencegah penuaan dini

Kandungan nutrisi dalam kunyit juga bermanfaat untuk mengatasi kerutan serta memperlambat proses penuaan. Untuk mendapatkan efek anti penuaan dari kunyit, buatlah masker yang terbuat dari 2 sendok makan bubuk kunyit, 1 sendok makan tepung beras, 1 sendok makan susu, dan 1 sendok makan jus tomat. Pakailah masker tersebut di wajah dan leher. Diamkan selama 20 menit kemudian basuh wajah dengan air dingin.

4. Mengatasi pigmentasi

Efek anti-inflamasi dan antiseptik dalam kunyit bisa dimanfaatkan untuk mengatasi pigmentasi pada kulit serta mendinginkan kulit yang terbakar karena paparan sinar matahari. Jika kulit Anda mengalami masalah seperti ini, cukup oleskan campuran bubuk kunyit dan jus timun segar selama 20 sampai 30 menit. Lakukan secara rutin sampai warna kulit Anda kembali ke kondisi semula.

5. Mengurangi bulu

Siapa sangka kalau kunyit juga bisa digunakan untuk memperlambat pertumbuhan bulu di tubuh? Agar bulu di tubuh Anda tidak cepat tumbuh, rajin-rajinlah memakai lulur yang terbuat dari bubuk kunyit dan tepung chickpea (kacang garbanzo/kacang arab/gram). Pakai lulur ini setidaknya seminggu dua kali selama satu bulan untuk mendapatkan hasil.

6. Mengatasi ketombe dan rambut rontok

Kulit kepala gatal dan berketombe? Atau rambut Anda mengalami kerontokan. Obati saja dengan kunyit. Caranya dengan mengoleskan parutan kunyit di kulit kepala. Kandungan nutrisi dalam kunyit akan menyehatkan kulit kepala Anda, sehingga mencegah kerontokan rambut dan pengelupasan kulit kepala.

7. Menghaluskan kulit tumit dan siku

Jika kulit di daerah tumit dan siku Anda berkerak, Anda bisa melembutkannya dengan kunyit. Caranya campurkan kunyit bubuk dan minyak kelapa, kemudian oleskan di bagian tumit dan siku yang kasar. Lakukan pijatan ringan agar larutan kunyit dan minyak kelapa meresap. Biarkan selama 10 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

8. Mengangkat sel kulit mati

Kunyit bisa dimanfaatkan untuk eksfoliasi, sebab kandungan dan tekstur kunyit bisa mengelupas sel kulit mati secara lembut, tanpa menjadikan kulit iritasi. Buatlah scrub tubuh dari bubuk kunyit dan tepung chickpea (kacang garbanzo/kacang arab/gram). Scrub ini akan menjadikan kulit Anda bercahaya dan lebih cerah.

9. Pewarna rambut alami

Untuk mendapatkan warna pirang gelap, Anda bisa mewarnai rambut dengan kunyit. Warna kuningnya yang tajam akan melapisi rambut Anda dan menghasilkan warna pirang gelap yang alami. Siapkan seperempat cangkir kunyit parutan kunyit, kemudian tuangi air hangat dan peras-peras hingga Anda mendapatkan secangkir larutan kunyit pekat. Masukkan larutan kunyit ke dalam botol spray, kemudian semprotkan hingga merata ke batang rambut. Remas-remas perlahan dan diamkan hingga rambut mengering. Jika rambut sudah kering, bilas hingga bersih. Ulangi proses ini setiap dua hari sekali.

Artikel : manfaat minum kunyit untuk kecantikan untuk wajah serta cara pengolahannya diambil dari situs merdeka.com

Oke ini adalah sebagian kecil maanfaat kunyit untuk kecantikan terus gimana sih cara pembudidayaan kunyit secara benar dan menghasilkan  yuk langsung kita bahas dibawah :

Cara Budidaya Kunyit Mulai Tahap Pembibitan Sampai Panen

Cara budidaya Kunyit sebenarnya cukup mudah sekali untuk dilakukan, namun untuk memperoleh hasil yang melimpah tentunya perlu penanganan dan perawatan yang benar. Kunyit merupakan tanaman obat berupa semak dan bersifat tahunan (perenial) yang tersebar di seluruh negara tropis.

Di Indonesia, sentra budidaya kunyit berada di Jawa Tengah, dengan produksinya yang mencapai 12.323 kg/ha. Di Jawa, kunyit biasa digunakan sebagai bahan utama pembuatan obat tradisional, bahan baku industri jamu dan kosmetik, bahan bumbu masak, peternakan dan lain-lain.

Kunyit tumbuh subur pada tanah gembur, pada tanah yang dicangkul dengan baik akan menghasilkan umbi kunyit yang melimpah. Jenis tanah yang ideal untuk budidaya kunyit adalah tanah ringan dengan bahan organik tinggi, tanah lempung berpasir yang terbebas dari genangan air/sedikit basa.

Pedoman Budidaya Kunyit

1. Pembibitan

Persyaratan Bibit : Bibit kunyit yang baik berasal dari pemecahan rimpang, karena lebih mudah tumbuh.

Syarat bibit yang baik :

  • Bibit berasal dari tanaman yang tumbuh subur, segar, sehat, berdaun banyak dan hijau, kokoh
  • Terhindar dari serangan penyakit
  • Cukup umur/berasal dari rimpang yang telah berumur kurang lebih 7-12 bulan
  • Memiliki bentuk, ukuran, dan warna seragam
  • Memiliki kadar air cukup
  • Benih telah mengalami masa istirahat (dormansi) cukup
  • Terhindar dari bahan asing (biji tanaman lain, kulit, kerikil).

2. Teknik Penyemaian Bibit 

Pertumbuhan tunas rimpang kunyit dapat dirangsang dengan cara : mengangin-anginkan rimpang di tempat teduh atau lembab selama 1-1,5 bulan, dengan penyiraman 2 kali sehari (pagi dan sore hari). Bibit tumbuh baik bila disimpan dalam suhu kamar (25-28 Derajat Celcius).

Selain itu menempatkan rimpang diantara jerami pada suhu udara sekitar 25-28 Derajat Celcius atau merendam bibit pada larutan ZPT (zat pengatur tumbuh) selama 3 jam. ZPT yang sering digunakan adalah larutan atonik (1 cc/1,5 liter air) dan larutan G-3 (500-700 ppm). Rimpang yang akan direndam larutan ZPT harus dikeringkan dahulu selama 42 jam pada suhu udara 35 Derajat Celcius. Jumlah anakan atau berat rimpang dapat ditingkatkan dengan cara direndam pada larutan pakloburazol sebanyak 250 ppm.

3. Pengolahan Media Tanam


  • Persiapan Lahan: Lokasi penanaman dapat berupa lahan tegalan, perkebunan atau pekarangan. Penyiapan lahan untuk kebun kunyit sebaiknya dilakukan 30 hari sebelum tanam.

  • Pembukaan Lahan: Lahan yang akan ditanami dibersihkan dari gulma dan dicangkul secara manual atau menggunakan alat mekanik guna menggemburkan lapisan top soil dan sub soil juga sekaligus mengembalikan kesuburan tanah. Tanah dicangkul pada kedalaman 20-30 cm kemudian diistirahatkan selama 1-2 minggu agar gas-gas beracun yang ada dalam tanah menguap dan bibit penyakit/hama yang ada mati karena terkena sinar matahari.

  • Pembentukan Bedengan: Lahan kemudian dibedeng dengan lebar 60-100 cm dan tinggi 25-45 cm dengann jarak antar bedengan 30-50 cm.

  • Pemupukan (sebelum tanam): untuk mempertahankan kegemburan tanah, meningkatkan unsur hara dalam tanah, drainase, dan aerasi yang lancar, dilakukan dengan.menaburkan pupuk dasar (pupuk kandang) ke dalam lahan/dalam lubang tanam dan dibiarkan 1 minggu. Tiap lubang tanam membutuhkan pupuk kandang 2,5-3 kg.

4. Penanaman


Kebutuhan bibit kunyit/hektar lahan adalah 0,50-0,65 ton. Maka diharapkan akan diperoleh produksi rimpang sebesar 20-30 ton/ha.

Penentuan Pola Tanaman: Bibit kunyit yang telah disiapkan kemudian ditanam ke dalam lubang berukuran 5-10 cm dengan arah mata tunas menghadap ke atas. Tanaman kunyit ditanam dengan 2 pola, yakni penanaman di awal musim hujan dengan pemanenan di awal musim kemarau (7-8 bulan) atau penanaman di awal musim hujan dan pemanenan dilakukan dengan dua kali musim kemarau (12-18 bulan). Kedua pola tersebut dilakukan pada masa tanam yang sama, yaitu pada awal musim penghujan. Perbedaannya hanya terletak pada masa panennya.

Pembutan Lubang Tanam: Lubang tanam dibuat di atas bedengan/petakan dengan ukuran lubang 30 x 30 cm dengan kedalaman 60 cm. Jarak antara lubang adalah 60 x 60 cm.

Cara Penanaman: Teknik penanaman dengan perlakuan stek rimpang dalam nitro aromatik sebanyak 1 ml/liter pada media yang diberi mulsa ternyata berpengaruh nyata terhadap pertumbuhan dan vegetatif kunyit, sedangkan penggunaan zat pengatur tumbuh IBA (indolebutyric acid) sebanyak 200 mg/liter pada media yang sama berpengaruh nyata terhadap pembentukan rimpang kunyit.

Periode Tanam: Masa tanam kunyit yaitu pada awal musim hujan sama seperti tanaman rimpang-rimpangan lainnya. Hal ini dimungkinkan karena tanaman muda akan membutuhkan air cukup banyak untuk pertumbuhannya. Walaupun rimpang tanaman ini nantinya dipanen muda yaitu 7 - 8 bulan tetapi pertanaman selanjutnya tetap diusahakan awal musim hujan.


5. Pemeliharaan

  • Penyulaman : Penyulaman bisa Anda lakukan ketika adanya rimpang kunyit yang mati atau tidak tumbuh. Sehingga Anda perlu melakukan penyulaman atau pergantian tanaman pada rimpang yang mati.

  • Penyiangan: Proses penyiangan perlu Anda lakukan untuk menghilangkan gulma atau tanaman yang tidak dikehendaki. Penyiangan dilakukan agar gulma tidak mengganggu proses penyerapan unsur hara dan penyerapan air di dalam tanah. Kegiatan penyiangan dapat Anda lakukan 3 hingga 5 kali bersamaan dengan proses penggemburan dan pemupukan tanah. Penyiangan tahap pertama dapat Anda lakukan pada saat rimpang kunyit berumur 15 hari. Proses penyiangan dapat diseragamkan dengan kegiatan pembubunan untuk merangsang rimpang kunyit agar dapat tumbuh maksimal.

  • Pembubunan: Proses pembubunan wajib Anda lakukan setiap 3 sampai 4 bulan sekali. Proses ini berguna untuk menimbun kembali tanah di sekitar perakaran yang terbawa air. Nah jika perakaran dan sekitarnya baik, maka pertumbuhan kunyit Anda juga dapat maksimal atau sesuai harapan Anda.

  • Pemupukan organik

  • Pemupukan organik adalah penggunaan pupuk tanpa campuran zat kimia. Pupuk organik biasanya terbuat dari limbah organik seperti kotoran hewan. Salah satunya adalah pupuk kandang. Penggunaan pupuk kandang bisa meningkatkan jumlah daun, anakan, serta luas area daun kunyit dengan nyata. Pencampuran pupuk kandang dengan dosis 45 ton per hektar dengan jumah tanaman 160.000 per hektar, maka dapat menghasilkan produk mencapai 29,93 ton per hektar.

  • Pemupukan konvensionalSelain pemberian pupuk dasar, pada saat awal penanaman perlu juga adanya pemupukan susulan. Yaitu pada saat umur tanaman 2 hingga 4 bulan. Penggunaan pupuk kedua yaitu pupuk buatan dan pupuk kandang (TSP 10 gram tiap pohon; urea 20 gram tiap pohon; ZK 10 gram tiap pohon dan penambahan K20 dengan dosis 112kg per hektar). Dengan adanya pemupukan lanjutan diharapkan terjadi peningkatan hasil produksi sebesar 38% atau setara dengan 7,5 ton rimpang segar per hektarnya.Pupuk nitrogen juga diberikan dengan dosis 60kg per hektar, K20 sebanyak 75kg per hektar dan P205 sebanyak 50kg per hektar. Pemberian pupuk P diberikan pada awal tanam yaitu 1/3 dosis dan sisanya 2/3 dosis. Pemberian pupuk ini diberikan pada saat umur tanaman 2 bulan dan 4 bulan. Pengaplikasian pupuk ini dengan cara di tebar secara merata pada sekitar tanaman Anda. Pempupukan adalah tahapan cara budidaya kunyit yang sangat penting.

  • Pengairan dan penyiraman: Tanaman kunyit pada dasarnya merupakan tanaman yang tidak tahan terhadap air. Pengaturan drainase atau pengairan perlu dicermati dengan baik. Jika kebun tergenang air, dapat mengakibatkan rimpang membusuk.

  • Waktu penyemprotan pestisida: Untuk mengantisipasi serangan hama dan penyakit maka perlu adanya penyemprotan pestisida dengan skala yang teratur. Penggunaan dosis mengikuti rekomandasi dari label pada kemasan penggunaan pestisida.

  • Pemulsaan: Pada awal tanam sebaiknya Anda melakukan pemulsaan dengan jerami. Pemulsaan dilakukan agar tanaman tidak mengalami kekeringan pada tanah dan menghindari rusaknya struktur tanah. Pemulsaan bisa menghindari pertumbuhan gulma secara cepat. Pemulsaan dengan jerami dilakukan dengan cara ditebar secara merata pada permukaan tanah dan diantara lubang tanam.

6. Hama dan Peyakit

A. Hama

Hama yang sering menyerang kunyit Anda adalah ulat penggerek akar yang memiliki nama latin Dichcrosis Puntifera. Biasanya serangan ini ditandai dengan gejala tunas daun akan terlihat layu dan lambat laun mengering hingga akhirnya mengalami pembusukan. Pengendalian jenis hama ini bisa dilakukan dengan cara menyemprotkan atau menaburkan insektisida furadan G-3.

B. Penyakit

  • Busuk bakteri rimpang
Gejala: kulit akar tanaman menjadi keriput dan mengelupas, kemudian rimpang lama kelamaan membusuk dan keropos.

Pengendalian: mencegah terjadi genangan air pada lahan, mencegah terlukanya rimpang, penyemprotan fungisida dithane M-45.

  • Karat daun kunyit
Penyebab: Taphrina macullans Bult dan Colletothrium capisici atau oleh kutu daun yang disebut Panchaetothrips.

Gejala: timbulnya warna coklat (karat) pada helaian daun; bila penyakit ini menyerang tanaman dewasa/ daun yang tua maka tidak akan mempengaruhi produksinya sebaliknya jika menyerang tanaman/daun muda, menyebabkan tanaman tersebut menjadi mati.

Pengendalian: Dilakukan dengan mengurangi kelembaban, Penyemprotan insektisida, seperti dengan agrotion 2 cc/liter atau dengan fungisida dithane M-45 secara teratur selama seminggu sekali.

  • Gulma
Gulma sangat berpotensi mengganggu proses budidaya kunyit Anda. Dimana gulma pada umumnya merupakan tanaman yang pertumbuhannya tidak dikehendaki. Untuk menekan pertumbuhan gulma, dapat dilakukan dengan menggunakan pengendalian secara organik. Pengendalian ini tidak menggunakan zat kimia yang dapat merusak lingkungan. Pengendalian secara organik juga dikenal sebagai pegendalian hama terpadu (PHT). Komponen PHT diantaranya :

  • Pemilihan bibit unggul yang sehat dan terbebas dari hama penyakit.
  • Memanfaatkan secara maksimal musuh - musuh alami.
  • Penggunaan varietas - varietas unggul yang bisa tahan terhadap serangan hama dan penyakit.
  • Penggunaan pengendalian fisik ataupun mekanik dengan memanfaatkan tenaga manusia.

7. Panen

Cara budidaya kunyit selanjutnya adalah tahapan panen. Adapun hal - hal yang harus Anda perhatikan dalam proses pemanenan kunyit adalah sebagai berikut:

Pemupukan

Ciri dan umur panen

Tanaman kunyit Anda dapat dipanen pada saat umur sudah mencapai 8 hingga 18 bulan. Tapi waktu yang paling baik adalah umur tanaman sudah mencapai 11 hingga 12 bulan. Hal tersebut akan ditandai dengan gugurnya daun kedua. Pada waktu tersebut hasil produksi akan lebih besar dan lebih banyak dibanding umur panen 7 hingga 8 bulan. Ciri - ciri tanaman yang dapat dipanen dilihat dari berakhirnya pertumbuhan vegetatif, seperti halnya terjadi layu pada daun serta batang yang awalnya hijau berubah kuning (tanaman terlihat mati).

Cara panen

Cara pemanenan bisa dilakukan dengan membongkar rimpang. Caranya dengan memakai cangkul atau garpu. Sebelum dilakukan pencangkulan, lebih baik batang dan daun dibongkar terlebih dahulu. Setelah pencangkulan, rimpang dibersihkan dari tanah dan dimasukkan kedalam karung supaya tidak rusak. Lakukan panen secara hati - hati.

Periode panen

Panen kunyit dapat juga dilakukan pada musim kemarau. Hal tersebut dikarenakan pada waktu tersebut sari atau zat yang terkandung mengumpul. Disisi lain, kadar air pada rimpang sudah sedikit sehingga mempermudah Anda dalam proses pengeringan.

Perkiraan hasil panen

Hasil panen yang Anda dapatkan dapat di taksir mencapai 0,71 kg per rimpang. Berat tersebut adalah berat bersih. Sehingga hasil produksi Anda adalah 20 hingga 30 ton per hektarnya.

8. Pasca Panen

Penyortiran basah dan pencucian

Penyortiran pada bahan yang segar dilakukan untuk memilah rimpang dari tanah, bagian tanaman lain, dan gulma. Setelah itu timbanglah hasil dari penyortiran dan simpan pada wadah plastik untuk pencucian. Pencucian menggunakan air bersih. Untuk pencucian yang maksimal bisa dilakukan dengan penyemprotan menggunakan tekanan yang tinggi. Jika air masih terlihat kotor atau sangat keruh berarti Anda masih harus melakukan pencucian ulang. Pengulangan pencucian jangan sampai terlalu lama, hal ini dapat mengakibatkan senyawa aktif dan kualitas yang ada didalam rimpang berkurang. Setelah pencucian tiriskan pada ember atau wadah lain untuk mengurangi kadar air.

Perajangan

Pada saat proses perajangan, Anda dapat menggunakan pisau berbahan stainless steel dan alasi dengan talenan yang bersih. Anda juga bisa menggunakan mesin pemotong. Ukuran perajangan dengan ketebalan 5 mm hingga 7 mm. Setelah perajangan simpan pada wadah ember atau plastik.

Pengeringan

Proses pengeringan adalah cara budidaya kunyit selanjutnya. Pengeringan dapat Anda lakukan dengan dengan 2 cara yaitu cara tradisional dan modern. Cara tradisonal menggunakan sinar matahari. Pada saat pengeringan secara tradisional dialasi dengan tikar. Pastikan jangan sampai rimpang yang di jemur saling menumpuk. Setiap 4 jam sekali rimpang dibalik agar pengeringan dapat merata. Hal ini dilakukan selama 3 sampai 5 hari. Untuk pengeringan secara modern dapat dilakukan dengan menggunakan alat pemanas berupa oven. Rimpang dimasukkan kedalam oven dengan suhu 50 Derajat Celcius sampai 60Derajat Celcius. Setelah pengeringan timbang jumah rimpang yang sudah kering.

Penyortiran kering

Setelah pengeringan Anda dapat melakukan penyortiran kembali. Pisahkan rimpang dari benda asing seperti kerikil dan benda - benda lainnya. Setelah penyortian Anda dapat melakukan penimbangan lagi agar mendapatkan berat bersih.

Pengemasan

Setelah Anda mendapatkan berat bersih, langkah selanjutnya adalah pengemasan atau packing. Pengemasan menggunakan plastik bersih atau karung yang kedap udara. Setelah itu diberi label yang menjelaskan bahan, kode produksi, alamat produksi, dan berat bersih. Jika perlu tambahkan metode penyimpanan.

Penyimpanan

Cara budidaya kunyit yang terakhir adalah penyimpanan. Penyimpanan dilakukan pada gudang yang memiliki kelembaban udara tidak melebihi 30 derajat celcius. Gudang penyimpanan hendaknya memiliki sirkulasi udara yang baik. Pastikan juga ada penerangan yang baik. Baik di pagi hari ataupun malam hari. Jagalah kebersihan di dalam gudang dan disekitar gudang. Agar kualitas kunit tetap terjaga.

Sumber artikel  : "Cara Budidaya Kunyit Mulai Tahap Pembibitan Sampai Panen"
  • 8villages.com
  • http://Infoagribisnis.com
  • kabartani.com

0 Response to "Manfaat Kunyit Untuk kesehatan tubuh Serta cara pembudidayaan Kunyit dan cara pengolahannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel