Cara Mengatasi SIM Card yang Tidak Terbaca atau Tidak Terdeteksi di Ponsel Xiaomi

Cara mengatasi SIM Card yang tidak terbaca atau tidak terdeteksi di ponsel xiaomi - oke sobat PX kali ini saya akan memberikan tips tentang bagaimana cara memperbaiki SIM Card yang tidak terbaca di android xiaomi.

Hal yang paling sering terjadi pada saat membeli smartphone baru adalah sulitnya SIM Card terbaca atau terdeteksi oleh smartphone bukan hanya Xiaomi tapi brand yang lainnya pun sama, itulah yang saya pernah saya alami.

Namun tak jarang juga masalah tersebut muncul pada smartphone yang sudah lama kita pakai, padahal sebelumnya tidak ada kendala atau normal saja tapi sekarang malah tidak terdeteksi atau tidak terbaca? Tentu hal tersebut terkadang membuat kita menjadi panik dan kadang menjengkelkan.


Tidak terdeteksinya SIM Card di smartphone biasanya kerap memunculkan notifikasi atau keterangan Sim card not inserted, Undetected SIM, SIM initialization failure, SIM Card rejected dan notif yang lainnya, tergantung smartphone yang digunakan itu sendiri.

Pada dasarnya SIM Card tidak dapat terbaca atau terdeteksi di smartphone lama adalah karena pengguna terlalu sering menggonta-ganti SIM Card, sehingga kemungkinan menyebabkan konsleting pada konektor slot SIM Card, dan biasanya jika slot SIM Card rusak smartphone harus dibawa ke service center untuk diperbaiki slotnya.

Tetapi penyebab SIM Card tidak terbaca atau tidak terdekteksi di smartphone bukan hanya dari faktor itu saja, melainkan masih banyak lagi penyebabnya.

Faktor yang menyebabkan SIM Card tidak terbaca antara lain adalah slot SIM Card berkarat karena pemakaian yang cukup lama, chip yang berwarna kuning atau tembaga yang ada pada SIM Card memang sudah rusak atau kotor, slot SIM Card yang sudah longgar sehingga menyebabkan goncangan, dan faktor yang lainnya.

Terus bagaimana cara untuk mengatasi SIM Card tidak terbaca?

Mari kita lihat bagaimana cara untuk mengatasi SIM Card yang tidak terbaca atau terdeteksi tersebut.
Berikut langkah-langkahnya :

1. Restart perangkat android Anda
    Mari kita mulai dengan cara tercepat dan termudah untuk memecahkan masalah. Ketika merestart smartphone sama halnya dengan merefresh (menyegarkan). Jadi merestart perangkat android Anda memungkinkan untuk perangkat Android Anda membaca SIM Card yang tadinya tidak terdeteksi.

2. Memeriksa tray SIM Card
    Matikan perangkat Anda dan kemudian keluarkan kartu SIM dari perangkat anda. Ada kemungkinan bahwa debu yang ada pada ponsel menjadi sebab masalah SIM Card tidak terbaca oleh perangkat android. Cobalah untuk Membersihkan dengan cara meniup debu pada Kuningan SIM Card agar tidak merusak bagian-bagiannya. Kemudian masukkan kembali SIM Card ke perangkat android anda. Cobalah hidupkan kembali android anda dan Periksa apakah sekarang SIM card anda sudah terdeteksi?

3. Beralih Mode Pesawat (Plane Mode)
    Ok, Sekarang kita sudah memastikan tidak ada masalah dengan kartu SIM anda, Sekarang cobalah untuk beralih ke modus Airplane (Pesawat). Banyak orang berhasil setelah melakukan tips ini
  • Tap pada mode Airplane Mode
  • Tunggu selama 30 detik dan matikan kembali Mode pesawat.
  • Setelah mode Pesawat dimatikan, perangkat Anda akan mencoba untuk mencari jaringan. Jika perangkat mampu mencari jaringan maka masalah Anda terselesaikan pada tahap ini.

4. Mengatur Mode Jaringan ke Otomatis
    Cara ini memastikan bahwa perangkat Anda dapat secara otomatis terhubung ke jaringan yang tersedia. Misalnya anda menyetting secara manual ke 4G Only, jika nanti anda berpergian ke daerah yang tidak terjangkau oleh 4G maka otomatis indikator sinyal di android anda akan menampilkan No Signal.


5. Pilih Operator jaringan yang tepat
    Pastikan operator jaringan pada perangkat android anda sudah sesuai dengan kartu SIM yang anda pakai. Untuk memastikannya, ikuti langkah berikut:
  • Pergi ke menu Settings
  • Tekan pada Jaringan dan kemudian pergi ke Jaringan Mobile
  • Tekan pada Jaringan Operator
  • Tekan pada opsi yang mengatakan Cari Networks/Cari Jaringan
  • Tunggu proses pencarian ini beberapa saat, sampai perangkat anda menemukan jaringan yang sesuai dengan kartu yang anda gunakan.


6. Cek masalah dengan sinyal ponsel
  • Dial * # * # 4636 # * # *
  • Maka akan tampil menu pengujian
  • Klik informasi telepon / perangkat
  • Jalankan tes ping
  • Pilih GSM Auto (PRL)
  • Klik Matikan radio
  • Hidupkan Kembali, dan
  • Restart Ponsel Anda

7. Reset Ulang perangkat anda ke setelan pabrik.
    Reset ulang Xiaomi Anda pada pengaturan, jangan lupa backup terlebih dahulu data pribadi Anda dan pastikan Anda tidak lupa email serta pasword akun Mi.

Semoga artikel tentang Cara Mengatasi SIM Card yang Tidak Terbaca atau Tidak Terdeteksi di Ponsel Xiaomi ini bisa bermanfaat untuk sobat, Terimakasih sudah berkunjung.

0 Response to "Cara Mengatasi SIM Card yang Tidak Terbaca atau Tidak Terdeteksi di Ponsel Xiaomi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel