Cara Aktifkan OEM Lock Dan USB Debugging Samsung

advertisement



Panduan Cara Mengaktifkan USB Debugging, OEM Lock Android Nougat, Marshmallow, Lollipop, Kitkat Semua Samsung - Sistem operasi Android yang dalam hal ini Android Kitkat, Lollipop, Marshmallow dan Nougat memiliki banyak pengaturan yang harus kita pahami. Mulai dari pengaturan aplikasi, jaringan, suara, pemberitahuan, akun, penyimpanan, waktu, pengaturan telepon dan masih banyak lagi.
Cara Mengaktifkan USB Debugging dan OEM Lock Samsung
Dari beberapa pengaturan yang sudah disebutkan di atas, ternyata masih ada pengaturan yang tersembunyi lainnya, yaitu Developer Options atau Opsi Pengembang. Di dalam opsi pengembang ini, terdapat beberapa pengaturan penting lainnya seperti desktop backup password, bluetooth, debugging, input, dipslay, media, gpu, mock location, aplikasi dan beberapa pengaturan penting lainnya.
Dari sekian banyak fitur yang ada di dalam opsi pengembang ini, ada 2 fitur yang paling sering mendapatkan perhatian, yaitu USB debugging dan OEM Lock. Fungsi USB debungging adalah untuk membantu / menjembatani antara perangkat Android dengan komputer. Dengan kata lain, USB Debugging membantu proses penting seperti memasang custom recovery, melakukan root, flashing custom/stock ROM dan masih banyak lagi. Singkatnya, agar proses inject file-file kedalam sistem android yang ada di perangkat berjalan dengan baik, diperlukan pengaktifan USB Debugging.
Sedangkan OEM Lock berfungsi untuk membuka atau menutup akses bootloader pada perangkat. Fungsi ini akan memberikan / melarang akses kepada pengguna untuk melakukan kostumasi terhadap sistem operasi Android, seperti memasang TWRP, rooting, flashing firmware dan sebagainya. Perlu kalian ketahui, pada saat kalian ingin melakukan kostumasi dan posisi OEM Lock dalam keadaan terkunci (tidak aktif), maka prosesnya tidak akan berhasil dan bahkan bisa menyebabkan perangkat Bootlop atau rusak.
Mungkin sebagian dari kalian pernah mengalami kejadian Custom Binary Blocked by FRP Lock Samsung. Nah hal ini disebabkan karena OEM Lock dalam keadaan terkunci (tidak aktif) sebelum melakukan kostumasi. Jadi, sebelum kalian melakukan kostumasi, pastikan bahwa OEM Lock ini dalam keadaan Aktif.
Baca Juga :

Cara Mengaktifkan USB Debugging dan OEM Lock

Pada dasarnya, untuk mengaktifkan kedua mode ini caranya sama saja untuk semua sistem Operasi Android, baik itu andorid Nougat, Marshmallow, Lollipop, Kitkat atau bahkan android versi terlawas. Hanya saja mungkin pada bagian tampilannya saja yang membedakan. Namun sebelum mengaktifkan keduanya, Developer Options atau Opsi Pengembang harus diaktifkan terlebih dahulu.

1. Memunculkan Developer Options / Opsi Pengembang

  1. Buka menu "Pengaturan / Settings".

  2. Gulir Kebawah, temukan dan tap pada bagian "About Device / Tentang Perangkat".

  3. Buka "Software Info / Info Perangkat Lunak".

  4. Ketuk / tap pada menu "Build Number / Nomor Versi" sebanyak 5 hingga 7 kali sampai ada pemberitahuan Opsi Pengembang sudah aktif atau notifikasi sejenisnya.

  5. Selesai.

Untuk memastikan bahwa menu ini sudah benar-benar aktif, silahkan buka lagi menu Pengaturan, gulir ke bagian bawah dan cari menu "Developer Options atau Opsi Pengembang". Biasanya ada di atas dari menu "About Device".

2. Mengaktifkan OEM Lock dan USB Debugging

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa fitur USB Debugging dan OEM Lock tempatnya ada di dalam Opsi Pengembang, jadi untuk mengaktifkannya cukup dengan membuka menu tersebut, kemudian aktifkan kedua-duanya.
  1. Buka Pengaturan / Options.

  2. Gulir (scroll) ke bawah, cari Menu Opsi Pengembang / Developer Options.

  3. Selanjutnya, silahkan aktifkan "OEM Lock" dan "USB Debugging".


  4. Selesai.

[Video] Mengaktifkan Developer Options, USB Debugging dan OEM Lock:
Baca Juga :

Hal Penting yang Harus Diketahui

Perlu kalian ketahui, bahwa dengan mengaktifkan OEM Lock memiliki resiko yang cukup lumayan besar. Hal ini disebabkan karena ketika fungsi ini aktif, maka virus juga akan dengan leluasa bisa masuk ke sistem operasi Android hingga ke bagian akarnya. Untuk itu saya sarankan, agar kalian mendisable / menonaktifkan OEM Lock sesaat setelah melakukan kostumasi.
Demikianlah penjelasan singkat tentang Bagaimana Cara Memunculkan Opsi Pengembang dan Cara Mengaktifkan USB Debugging & OEM Lock ini. Tutorial ini sengaja saya buat agar kalian lebih memahami fungsi fitur-fitur ini dan juga sebagai keperluan dari situs ini sendiri. Terima kasih telah berkunjung, silahkan bagikan artikel ini jika kalian menganggapnya bermanfaat. Salam dan sampai ketemu lagi di artikel berikutnya.

Android
Tips

0 Response to "Cara Aktifkan OEM Lock Dan USB Debugging Samsung"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel